Jumat, 21 Agustus 2009

Apa Manfaat Oriflame Buat Gue..??

Pertanyaan ini ditanyakan seorang teman (donlen baru gue) beberapa hari yang lalu. Pertanyaan yang bikin gue tersenyum, mengingat dari kemarin-kemarin pengen banget gue nulis tentang dampak ikut bisnis ini terhadap religiusitas gue (cie..bahasanya..)

Agustus ini, genap tiga bulan gue join oriflame. Meskipun masih merangkak naik levelnya (insya allah bulan ini 6%), gue yakin seyakin-yakinnya, pertemuan gue sama Ilna, 3 bulan lalu adalah jawaban dari segala doa-doa dan keinginan gue selama ini. Berbulan-bulan sebelumnya gue selalu bermimpi ingin bisa kerja dari rumah, ingin punya penghasilan besar tanpa harus mengorbankan keluarga. Gue coba buat berbagai macam bisnis, jatuh bangun, rugi iya untung belum tentu, demi mencapai impian ini, lagi-lagi kepentok sama terbatasnya waktu yang tersedia untuk secara penuh menjalani bisnis gue. Sekali waktu gue pernah bilang sama teman, sambil becanda, "kasih gue kerjaan part-time tapi salary-nya oke donggg..", dan dengan sukses si teman bilang gini, "kalopun ada, dah gue ambil duluan kalee puttt.."hehehe...

Itu dulu. Setelah searching-searching di internet peluang passive income, work from home, atau apalah itu namanya selama berbulan-bulan, dan berulangkali menolak bisnis apapun yang namanya MLM, akhirnya gue ketemu Ilna. Orang yang sangat tepat, yang akhirnya gue sadari mampu membimbing gue di bisnis ini. Ilna yang akhirnya membantu gue melihat pilihan lain dalam hidup gue. Pilihan lain yang awalnya selalu gue tolak, MLM.

Tiga bulan sudah, lalu kemudian apa yang gue pelajari?
Banyak...banget.... Bukan hanya sekedar jadi lebih perhatian sama penampilan diri yang bikin orang sekantor heboh (secara kantor gue NGO kampus, jadi ngeliat dandan rapi dikit rada rusuh :)) maupun suami berkomentar : "iya...siapa sih yang nggak senang istrinya tambah cantik?"(halah...tersipu-sipu), tapi ada dampak lain yang jauh lebih positif berkaitan dengan perubahan gue dalam memandang hidup gue saat ini.

Yang pertama, bisnis membuat gue tahu bahwa semua impian gue bukanlah hal yang mustahil untuk dicapai. Pada dasarnya gue ini pemimpi, banyak rencana dan banyak keinginan. Pengen punya sekolah, pengen jualan online, pengen buat konsultasi psikologi online, buat lembaga buat anak kebutuhan khusus, dan sebagainya, dan sebagainya, dan seterusnya. Namun sayangnya, sejauh ini kok rasanya susyaahhh...banget mewujudkan impian-impian gue ini. Bertahun-tahun mencoba bekerja kantoran sambil nyambi ngerjain ini itu, aduhhh...kayaknya rontok banget badan gue. Belum lagi urusan rumah tangga yang musti jadi perhatian juga. Alhasil, banyak impian akhirnya ditunda dan diam-diam terlupakan (hiks..). But then, gue ketemu Oriflame. Hidup gue kembali bergairah. Apa yang gue inginkan selama ini, kebebasan mengatur waktu dengan penghasilan besar, terpampang di depan mata, tinggal sekarang gue mau kerja keras jalanin atau nggak. Dengan waktu yang bisa gue atur sesuka gue, gue tahu gerbang ke arah impian-impian lain akan terbuka semakin lebar.

Yang kedua, ini mungkin hikmah dari menjalani sebuah bisnis, seperti anjuran Rasulullah, gue merasa menjadi lebih religius, lebih pasrah. Menjalani sebuah bisnis, apapun jenisnya, mau MLM atau bukan, dituntut komitmen dan kerja keras. Bisnis, seperti kata seorang teman, ibarat bermain judi, lebih tidak bisa diprediksi. Namun, resiko-resiko yang ditimbulkan ini membuat kita berdoa dua kali lipat lebih kenceng daripada sebelumnya. Hal ini gue rasakan juga saat menjalankan bisnis ini. Meskipun resiko yang ditanggung relatif tidak ada (daftar cuma 40 ribu, mannnn....), harapan dan keinginan yang kuat mendorong untuk berdoa lebih sering daripada sebelumnya. Bersamaan dengan itu, kesadaran akan makna hidup, bahwa kita bukan siapa-siapa tanpa Allah Ta'ala, perlahan menancap semakin dalam, sehingga kepasrahan akan hasil akhir setelah usaha dan doa pun semakin bertambah. Ujung-ujungnya, secara perlahan-lahan gue berkembang menjadi pribadi yang lebih religius ;).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar